• RSS
Latest Post
Loading...

Wednesday 18 October 2017

Mengatur Tim Casual Catering Prasmanan Surabaya

in Berkah Catering , Catering Harian Kantor Surabaya , Catering Harian Surabaya , Catering Malang , catering nasi kotak
Picture
Dalam menjalankan bisnis catering prasmanan surabaya atau catering pernikahan tentunya dibutuhkan kekompakan yang solid ketika mengatur tim di lapangan. Tim ini sering disebut tenaga casual catering, dalam mengatur tenaga casual catering, yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengatur pembagian tugas dari masing-masing individu sebelum event prasmanan di mulai.

Dalam semua tim tentunya harus ada orang yang dipercaya sebagai koordinator atau captain dari tim casual catering yang akan bertugas, captain tim / koordinator tentunya haruslah yang sudah berpengalaman dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Koordinator atau captain tentunya juga harus bisa bertanggung jawab dan dipercaya ketika dilapangan, disamping tugas utamanya yaitu mengatur tim casual di lapangan.

Dalam event katering pernikahan atau catering prasmanan lainnya pastinya membutuhkan banyak tenaga tambahan casual ketika event berjalan, karena pada umumnya jumlah porsi dalam catering prasmanan tidak mungkin sedikit, berkisar 500-1000 porsi bahkan bisa lebih. Tentunya peran memilih tim dan tenaga yang tepat dibutuhkan untuk menghadapi event yang akan berlangsung.

Kali ini berkah catering yakni  sebagai salah satu pelaku catering pernikahan surabaya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara mengatur tim casual catering untuk event yang akan berlangsung.  Inilah beberapa point yang harus diperhatikan:
  1. Rencanakan awal pembentukan tim dari mulai mengetahui lokasi di lapangan, banyak atau tidaknya casual yang dibutuhkan pertama kali dilihat dari lokasi lapangan, tentunya ini berkaitan dengan jarak dapur lokasi ke meja prasmanan dan dessert.
  2. Sesuaikanlah dari jumlah prasmanan dan gubugan yang dipesan, semisalkan ideal tenaga yang dibutuhkan dihitung dari jumlah porsian yang dipesan, hitungannya 100 untuk 1 orang casual, contoh : 500 porsi minimal membutuhkan 5 orang tenaga casual catering dan 1 captain. Sedangkan untuk gubugan tentunya 1 gubug diisi 1 orang tenaga casual catering gubugan.
  3. Mulailah membagi divisi untuk penugasan, biasanya pembagian divisinya terdiri dari 4 divisi, yaitu divisi makanan yang bertugas mengontrol dan merefil makanan habis. divisi minuman dan dessert yaitu mengontrol dan merefil minuman dan dessert, bagian dapur yang berfungsi menyiapkan makanan untuk segera di refil, kemudian bagian pengambil piring kotor, tentunya tugas utamanya adalah mengambil piring kotor, biasanya bagian ini memerlukan paling banyak personel
  4. Briefing di lapangan serta pembagian tugas dari masing-masing individu ke sub divisi masing-masing haruslah dilakukan sebelum event berlangsung agar tidak bingung dengan tugasnya masing-masing
  5. Buatlah beberapa peraturan yang pada umumnya tidak boleh dilakukan oleh casual catering prasmanan ketika menjalankan tugasnya, seperti wajib memakai seragam rapih dan sesuai dengan seragam casual catering, dilarang makan atau merokok saat bertugas, dilarang membungkus makanan pulang kecuali atas kemauan dari konsumen, dan lainnya.

Itulah 5 tips dari berkah catering dalam mengatur tim casual catering untuk prasmanan atau catering pernikahan. Semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca sekalian.

Berkah Catering
Jasa catering Surabaya murah
085704043445